Etika Bisnis
1 minute read
0
Etika Bisnis dalah penilaian terhadap kegiatan dan perilaku bisnis yang mengacu pada
kebenaran atau kejujuran berusaha (bisnis).
Kebenaran adalah etika standar yang secara umum dapat diterima dan diakui
prinsip-prinsipnya baik oleh masyarakat, perusahaan atau individu.
Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku bisnis :
- lingkungan bisnis
dimana eksekutif dihadapkan pada dilema :
a. internal :
-
mengejar omset/kuota jual.
- menekan
ongkos-ongkos.
-
peningkatan efisiensi dan bersaing.
b. eksternal
- menjaga mutu produk
- harga barang yang
terjangkau
dimana keduanya
saling bertentangan.
- Organisasi
Organisasi internal perusahaan, misal tentang
pengupahan dan jam kerja yang maksimal.
- Individu
Kewirausahaan adalah : Profesi interaksi/penggabungan antara pendidikan
formal dengan seni yang diperoleh melalui rangkaian kerja praktek.
Fungsi yang dilakukan oleh kewirausahaan adalah :
- Mengidentifikasikan kesempatan
- Mengumpulkan SDM dan SDA
- Menarik investasi dari perseorangan ataupun lembaga keuangan
- melaksanakan proses produksi maupun perdagangan
- menanggung resiko.
Perbedaan antar perusahaan kecil dengan besar
Kewirausahaan dapat dimulai dari perusahaan kecil (small bisniss) dimana
kepemilikan dapat diperoleh dengan 2 cara :
- Meneruskan usaha orang tua
- Membeli perusahaan yang telah ada.
Apabil;a usaha
baru, maka perlu perencanaan cukup matang dimana pada saat memulai usaha belum
memperoleh konsumen pasti sehingga perlu perencanaan, dengan demikian market
oriented lah yang menjadi titik tumpu dalam kegiatan usahanya.
- Faktor komplementer dimana tenaga kerja harus dikembangkan.
Misal pimpinan selain punya dasar kewirausahaan
juga punya dasar manajerial.
- Diupayakan mengembangkan industri kecil pertanian untuk memberikan kesempatan kerja di pedesaan.
- Diupayakan kemitraan industri besar/sedang dengan kecil