Akar Pule Pandak ( Rauwolfiae Serpentinae Radix)

 http://tanamanherbal.files.wordpress.com/2007/12/pulepandak.jpg
KLASIFIKASI :
Bangsa  : Apocynales
Suku      : Apocynaceae
Marga   : Rauvolfia
Jenis      : Rauvolfia serpentine ( L.) Bentham ex Kurz.

KEGUNAAN :  Dalam pengobatan Alternatif Herbal

Tekanan darah tinggi, Sakit pinggang, Sakit kerongkongan, Sakit kepala, Susah tidur, Pusing, Demam, Radang kantung empedu, Luka terpukul, Demam influenza, Luka berdarah.

Sifat Kimiawi : Mengandung alkaloid, terdiri dari 3 group yaitu alkaline kuat : quarterary ammonium compound serpentine, sarpagine dan samantine, penyerapan jelek jika digunakan per-oral ; tertiary amine derivate yohimbine, ajmaline, ajmalicine, tetraphylline dan tetraphyllicine ; alkaline lemah secondary amines reserpine, rescinnamine, deserpidine, raunesine dan canescine.  

Efek Farmakologis : Akar – rasa pahit, dingin, sedikit beracun. Penenang dan penurun tekanan darah, melancarkan sirkulasi, menghilangkan sakit, penurun panas dalam dan panas liver, anti radang.  Batang dan Daun – Pahit, manis, sejuk. Menolak angin, menurunkan tekanan darah, melancarkan darah beku.

Deskripsi tanaman: Perdu rendah, tingginya 30-50 cm. Daun tunggal berbentuk anak tombak berujung lancip. Pada masa vegetatif, satu ruas terdiri dari 3 daun. Mahkota bunga bagian luar putih, bagian dalam beralur kemerahan, membentuk tabung kecil dengan bagian tengah berbentuk pundi-pundi. Membentuk karangan dipuncak batang, tapi pada masa vegetatif selanjutnya karangan bunga terdesak ke samping oleh kuncup hingga yang mula-mula terminalis akan berubah axialis. Buah batu berbiji dua yang menonjol, tampak dari luar, mula-mula hijau lalu merah dan akhirnya hitam mengkilat. 

Habitat: Tumbuh pada daerah berdrainase baik pada ketinggian 50-300 m dpl.
Bagian tanaman yang digunakan: Akar
Kandungan kimia: Alkaloid ajmalina; Serpentina; Alstonina; Reserpina; Sarpagina; Yohimbina; Alkaloid
Persyaratan kadar: alkaloid sejenis resepina,dihitung sebagai resepina tidak kurang dari 0,15%
Khasiat: Antiinflamasi; Hipotensif; Sedatif; Analgesik; Antipiretik
Nama simplesia: Rau wolfiae Radix, Mustelae Radix
Penyimpanan    : Dalam wadah tertutup baik.
Resep tradisional:   Tekanan darah tinggi
Akar pule pandak 0,7 g; Air 110 ml, Direbus sampai mendidih selama 15 menit, Diminum 1 kali sehari 100 ml